Gaya Hidup Nasional

Makanan Khas Jawa Tengah

Bagi anda yang hobi dengan jalan-jalan, tentunya anda tidak akan melewatkan untuk mencoba makanan khas dari daerah tersebut. Bisa dicoba makan ditempat atau dibeli untuk oleh-oleh sepulang berpergian.

Kali ini Info Unik, akan mencoba membahas makanan khas daerah Jawa Tengah

1.Lunpia Semarang

Siapa sih yang nggak tau Semarang itu makanan khas-nya apa? Hampir semua orang kalau ditanya pasti jawabnya lunpia. Lunpia lebih enak kalau dimakan saat masih hangat lho. Apalagi kalau ditambah sama saus atau cabe rawit, waah, tambah menggoda aja tuh. Lunpia mempunyai isi yang beragam, ada yang pakai ayam, rebung, telur, sayuran dan udang pun ada. Cara penyajiannya pun ada 2, yaitu digoreng (dikenal dengan lunpia goreng) dan asli (lebih sering dikenal dengan lunpia basah) Kalau kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa buat cobain makanan yang satu ini ya.

2.Tahu Petis

Nah, kalau tadi lumpia sekarang ini makanan dari olahan tahu. Namanya tahu petis, masih makanan dari Semarang nih. Tahu petis biasanya buat camilan aja, atau kalau kamu mau makan nasi pakai makanan ini juga bisa lho.

Tahu petis ini bahannya tentu saja tahu, tehu goreng tepatnya. Beda antara tahu ini dengan yang lain adalah adanya saus hitam yang namanya petis. Nah, petis ini terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental.

3.Tahu Bakso

Selanjutnya ada Tahu Bakso, makanan khas dari Ungaran, Kabupaten Semarang. Hampir sama dengan Tahu Petis, cuma isi dalamnya adalah adonan bakso

4.Telur Asin

Telur ini rasanya asin, namanya saja Telur Asin. Makanan dari Brebes ini berasal dari telur bebek yang diolah sedemikan rupa menjadi Telur Asin. Bisa langsung dimakan, atau nikmat pula dimakan dengan nasi putih yang hangat. Hmmm…. yummy…

5.Tempe Mendoan

Kalau makanan yang satu ini terkenalnya dari daerah Banyumas dan Purwokerto, itu lho yang bahasanya ngapak. Tempe Mendoan ini hampir sama kayak tempe goreng biasanya, diselimuti dengan tepung. Bedanya adalah nama mendoannya, mendoan sendiri artinya adalah memasak menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga tempenya nggak terlalu matang.

Sekarang tempe mendoang nggak cuma ada di daerah Banyumas dan Purwokerto saja lho. hampir di seluruh daerah Jawa Tengah ada makanan yang satu ini. Bahkan di sebagian besar angkringan yang menjual gorengan pasti ada tempe mendoan. Sampai-sampai, sekarang tempe yang digoreng tepung tapi sampai garing juga disebut mendoan.

6.Enting-enting gepuk

Tau makanan yang diiklanin di tv yang namanya ting-ti*g nggak? Bukan Ayu Ting-ting lho, tapi ting-ti*g. Nah, mungkin itu bentuk modern dari enting-enting gepuk. Cuma kalau saya sh lebih milih enting-enting gepuknya.

Enting-enting ini khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah. Bahan dasarnya adalah kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk kemudian dipadatkan. Tapu sebelumnya udah dicampur sama gula jawa dulu biar semua menyatu menjadi satu (itulah Indonesia).

7.Gethuk

Gethuk adalah makanan yang bahan dasarnya singkong. Sebenernya nggak cuma di Jawa Tengah aja sih, di Jogja pun juga ada gethuk. Tapi emang sih terkenalnya itu dari Jawa Tengah.

Gethuk ini warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah ada bermacam warna biar lebih menarik. Selain itu ada juga gethuk goreng lho, jadi gethuk yang digoreng, tentu saja rasanya nggak kalah sama gethuk biasa.

8.Wajik

Wajik terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan menggunakan gula jawa. Biasanya sih rasanya manis karena memakai gula jawa itu. Warna wajik yang pakai gula jawa tentu saja coklat.

Tapi sekarang banyak wajik yang warnanya bermacam-macam, ada hijau, pink, merah dan warna lainnya. Nah, kalau yang warna-warni pemanisnya bukan menggunakan gula jawa, tapi gula pasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *